BAHAYA ROKOK

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Tahu nggak bahayanya rokok yang selama ini disekitar kita? Kita tentunya pernah dengar bahwa perokok pasif lebih bahaya lebih berbahaya dari perokok aktif. Kalau menurutku, perokok pasif dan aktif itu lebih berbahaya daripada yang tidak merokok.

Hasil gambar untuk bagian bagian rokok

Pengen tau nggak apa sih bahayanya rokok itu??? banyak banget bahaya dari bahan-bahan yang ada dalam rokok. namun kali ini saya hanya akan membagikan bahaya 3 bahan yang sering kita dengar dari rokok.

1. Nikotin
 Jelas ya, mungkin beberapa dari kalian sudah tahu bayaha nikotin. Nikotin adalah senyawa kimia organik kelompok alkaloid yang dihasilkan secara alami pada berbagai macam tumbuhan, terutama suku terung-terungan (Solanaceae) seperti tembakau dan tomat. Nikotina berkadar 0,3 sampai 5,0% dari berat kering tembakau berasal dari hasil biosintesis di akar dan terakumulasi di daun.. Nikotin akan menarik perokok untuk terus menghisap rokok. Nikotin mengandung bahan adiktif yang menyebabkan candu. Nikotin juga mudah terserap ke dalam darah kemudian akan merangsang kelenjar adrenal yang bekerja untuk melepaskan hormon adrenalin. Nikotin akan meningkatkan kadar neurotransmiter yang bisa mempengaruhi otak untuk merasa senang dan cemas bila tidak merokok.

Selain itu nikotin juga akan merusak DNA tubuh dimana proses ini akan merusak sistem pengaturan sel yang sehat dan kerusakan sel terjadi dengan cepat. Pertumbuhan sel yang tidak normal akan menyebabkan pembentukan tumor dan kanker. Jenis kanker paling besar yang ditemukan pada perokok adalah kanker paru – paru karena pengaruh nikotin dan asap yang langsung berhubungan dengan sistem pernafasan. yang ada di dalam rokok masuk ke dalam darah secara langsung. Dalam waktu yang lama maka pembuluh darah akan mengalami pengerutan dan penyempitan. Pembuluh darah yang berfungsi untuk mengalirkan darah dari jantung ke semua bagian tubuh akan mengalami gangguan fungsi, dan akibat pengerutan tersebut sistem tekanan darah bekerja sangat keras. Hal inilah yang memicu munculnya penyakit tekanan darah tinggi, dan masih banyak lagi bahaya  ikoti bagi tubuh kita.


2. Tar adalah bentukan dari senyawa kimia berbahaya yang ada pada asap rokok. Dimana zat ini akan mengendap didalam paru paru dan mengganggu fungsi rambut rambut kecil yang melapisi permukaan paru-paru.
Ada 4000 jenis senyawa beracun yang ada pada tar, inilah beberapa contohnya :
  • Berupa Toluen semacam cairan beracun yang biasa digunakan untuk kebutuhan aktivitas industri,
  • Berupa cairan Aceton yang sering digunakan untuk pembersih cat pada kuku
  • Berupa Cobalt yaitu sebuah senyawa yang dapat merusak jaringan tubuh bagian dalam manusia yang dihasilkan dari kepulan asap knalpolt kendaraan, lalu kepulan asap kanlpolt itulah yang terdapat pada tar yang dapat masuk melalui ronga hidung dan mulut yang akan terlihat dampak buruknya setelah berberapa bulan atau beberapa tahun kemudian.
Zat berbahaya ini berupa kotoran pekat yang dapat menyumbat dan mengiritasi paru – paru dan sistem pernafasan, sehingga menyebabkan penyakit bronchitis kronis, emphysema dan dalam beberapa kasus menyebabkan kanker paru – paru ( penyakit maut yang hampir tak dikenal oleh mereka yang bukan perokok ).Racun kimia dalam TAR juga dapat meresap ke dalam aliran darah dan kemudian dikeluarkan di urine.TAR yang tersisa di kantung kemih juga dapat menyebabkan penyakit kanker kantung kemih. Selain itu Tar dapat meresap dalam aliran darah dan mengurangi kemampuan sel – sel darah merah untuk membawa Oksigen ke seluruh tubuh, sehingga sangat besar pengaruhnya terhadap sistem peredaran darah.

Tar dan asap rokok merangsang jalan napas, dan tar tersebut tertimbun disaluran itu yang menyebabkan :

Batuk-batuk atau sesak napas
Tar yang menempel di jalan napas dapat menyebabkan kanker jalan napas,
lidah atau bibir.

3. Gas CO (Karbon Mono Oksida)
Gas CO juga berpengaruh negatif terhadap jalan napas dari pembuluh darah. Karbon mono oksida lebih mudah terikat pada hemoglobin daripada oksigen. Oleh sebab itu, darah orang yang kemasukan CO banyak, akan berkurang daya angkutnya bagi oksigen dan orang dapat meninggal dunia karena keracunan karbon mono oksida. Pada seorang perokok tidak akan sampai terjadi keracunan CO, namun pengaruh CO yang dihirup oleh perokok dengan sedikit demi sedikit, dengan lambat namun pasti akan berpengaruh negatif pada jalan napas dan pada pembuluh darah. 

Oleh karena itu, sebaiknya kita tidak usah merokok, sebelum telanjur kecanduan. Selalu ingatkan orang-orang disekitar kita untuk tidak merokok.
Sekian dulu yaa, semoga bermanfaat.


sumber:
http://www.vaporide.com/blog/stop-smoking-start-vaping/
http://halosehat.com/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH PERAN INDONESIA DALAM PERDAMAIAN DUNIA

Laporan Praktikum "Fermentasi Alkohol"

Cara Membuat Lulur Beku (Beras Kunyit)