Teks Editorial


Teks editorial adalah teks yang berisi pendapat pribadi seseorang terhadap suatu isu/masalah aktual.
Contoh Teks editorial adalah sebagai berikut.




Karya Anak Bangsa yang Kurang Mendapat Perhatian Pemerintah

Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah sumber daya manusia terbesar di dunia. Tidak salah jika terdapat beragam budaya dan hasil karya lain yang tercipta. Namun kadang karya anak bangsa kurang mendapatkan perhatihan dari pemerintah Indonesia.
Pada tahun 1998 saat B.J. Habibie memperkenalkan pesawat karyanya, memang pada saat itu telah menarik perhatian dari masyarakat Indonesia dan juga pemerintah, namun kenyataannya hingga saat ini pesawat karya anak bangsa tersebut belum juga dikembangkan. Bahkan B.J Habibie sendiri memilih untuk kembali ke Jerman dan tinggal di sana, hal ini dapat diartikan bahwa karyanya tersebut kurang diperhatikan oleh pemerintah.

Selain itu, tahun 2012 Indonesia dihebohkan dengan siswa SMK yang berhasil  memperkenalkan mobil hasil karyanya sendiri, misalnya Mobil Kiata Esemka dari salah satu SMK di Solo, dan Mobil Esemka Digdaya karya siswa SMK 1 Singosari Malang. Mobil kiat Esemka mendapatkan perhatian dari pemerintah Solo, namun tetap saja kurang diperhatika oleh pemerintah pusat.
Hingga pada tahun 2014 pun pemerintah masih saja belum mempercayai karya anak bangsa, film battle of surabaya yang merupakan karya mahasiswa AMIKOM YOGYAKARTA yang kurang diperhatikan dan dihargai di Indonesia, kemudian setelah mendapat penghargaan di internasional dan ditayangkan di luar negeri barulah Indonesia mengakui bahwa film itu milik anak indonesia, kemudian film tersebut ditayangkan di televisi nasional.
Begitulah pemerintah indonesia yang kurang mempercayai kemampuan masyarakatnya dan masih mengandalkan produk dari luar negeri. Pemerintah kurang memberikan peluang bagi bangsa sendiri namun cenderung membuat peluag besar bagi produk asing.
 
Sumber : http://www.yuksinau.com/2016/07/teks-editorial-opini-pengertian-contoh.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH PERAN INDONESIA DALAM PERDAMAIAN DUNIA

Laporan Praktikum "Fermentasi Alkohol"

Cara Membuat Lulur Beku (Beras Kunyit)